Jumat, 01 April 2016

Kenalan dengan PIK-R Pera Bangsa SMA 2 Wates

 


PIK Remaja Pera Bangsa SMA N 2 Wates yang berdiri sejak Tahun 2006 merupakan PIK Remaja Rintisan Kabupaten Kulon Progo. Di bawah asuhan Rr. Esti Sutari, S.Pd, M.Pd, PIK Remaja yang telah mencapai Tahapan Tegar ini telah menunjukkan eksistensinya dengan menggelar beragam kegiatan setiap tahunnya. Tidak hanya dalam bentuk Komunikasi, Informasi, Edukasi (KIE) tentang Kesehatan Reproduksi Remaja, tetapi juga tentang Hak-hak Reproduksi dan Kesetaraan Gender. Materi tentang Ketrampilan Advokasi dan KIE pun telah disampaikan kepada seluruh Pengurus dan anggota PIK Remaja Pera Bangsa.

Model dan Media KIE yang digunakan pun telah cukup beragam, mulai dari KIE Individu, Kelompok, maupun KIE massa telah dilakukan. KIE kelompok dilakukan melalui pertemuan penyuluhan, diskusi, saresehan hingga seminar. Sedangkan KIE massa dilakukan melalui pemutaran film dan siaran radio. Tidak hanya radio lokal Kulon Progo, tetapi juga KR Radio yang jangkauan siarannya sangat luas. PIK Remaja ini dalam rangka KIE massa juga telah membuat jejaring sosial. Media KIE yang pernah dibuat antara lain, leaflet, brosur, stiker, poster, mading, majalah, dll.

Kegiatan life skill pun telah banyak dilakukan, mulai dari pembuatan pupuk, daur ulang sampah hingga pembuatan beragam souvenir, gantungan kunci, tempat pencil, dsb.


Dengan susunan sebagai berikut:


Menurut Ketua PIK Remaja Pera Bangsa SMA N 2 Wates, Yohana Rambu Anarara Retang saat ditemui di sekolahnya, Sabtu (13/2), di tahun 2016, PIK Remaja Pera Bangsa memiliki program kerja selain mengadakan penyuluhan yang dikemas dalam bentuk games yang menarik, juga membuat mind mapping sebagai indikator keberhasilan penyampaian materi, dan setiap anggota akan mendapatkan giliran untuk menjadi pembicara.

Selain itu, dengan bekerjasama dengan Teater SMADA Andante akan mengadakan beragam lomba di sekolah seperti lomba poster, lomba cerdas cermat, penyuluhan, lomba band, stand up comedy, dance for life, lomba daur ulang sampah hingga lomba invosi makanan sehat.



Dan bukan menjadi rahasia lagi, sekarang ini sangat sering kita dengar melalui radio, kita baca melalui surat kabar, majalah atau buku, dan kita lihat melalui media televisi atau internet, bahkan kita lihat dengan mata kepala sendiri, banyak remaja kita yang terlibat perilaku negatif baik dalam bentuk bolos sekolah, merokok, minum-minuman keras, perkelahian atau tawuran, pacaran tanpa batas, seks bebas, penyalahgunaan narkoba, dan perbuatan lainnya yang bersinggungan langsung dengan kriminal dan hukum.

Realita yang demikian itu, telah mendorong PIK-R Pera Bangsa  tahun 2006 lalu dengan suatu keyakinan bahwa wadah ini akan mampu membendung segala bentuk perilaku negatif remaja yang sementara ini telah mewabah dihampir semua wilayah baik pedesaan maupun perkotaan, sekolah maupun non sekolah, tanpa memandang latar belakang keluarga, status sosial ekonomi, pendidikan, ras, suku dan agama Siara radio juga akan tetap dijalankan, bekerja sama dengan KR Radio dan Radio Suara Pasar Wates. Juga penyebaran brosur kepada masyarakat luas untuk memberikan informasi tentang kesehatan reproduksi.

Tidak ada komentar: