Jumat, 28 Juni 2019

CARA MENJAGA KEBERSIHAN ORGAN REPRODUKSI REMAJA


Assalamu'alaikum wr wb 

Salam GenRe! 

Halloooooo sobat Perabangsa ! Kembali lagi berjumpa dengan PIK-R Perabangsa SMA Negeri 2 Wates ya. Setelah sekian lama kita tidak berjumpa, semoga ini menjadi awal yang baik untuk kelanjutan kegiatan ini ya, Aamiin. 

Nah... Untuk perjumpaan awal ini kita mau bahas tentang "Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Remaja" looh. 

Mengapa kali ini kita mengangkat tema ini? Sudah bukan rahasia lagi kalau kebersihan alat reproduksi juga mempengaruhi kesehatan kita loh sobat Perabangsa. Banyak penyakit yang ditimbulkan karena kurangnya kita menjaga kebersihan. Oleh karena itu, ayo kita jaga kebersihan di lingkungan kita ya sobatt :) 

Bagaimana sih cara untuk kita menjaga kebersihan alat reproduksi kita ?



  • Alat kelamin bagian luar harus dibersihkan paling tidak sekali atau dua kali dalam sehari menggunakan pembersih yang lembut seperti sabun ya sobat.
  • Hindari pembersihan yang mengandung  wewangian dan pemutih.
  •  Pakailah handuk yang bersih, kering, tidak lembab dan tidak berbau.
  • Pakaian dalam diganti minimal dua kali sehari.

Nah, itu dia gambaran secara umum cara menjaga kebersihan alat reproduksi. Sedangkan secara lebih jelas Cara Membersihkan Alat Reproduksi Wanita adalah sebagai berikut : 


  •  Bersihkan organ reproduksi luar dari depan ke belakang, gunakan air bersih, dan dikeringkan menggunakan handuk atau tisu. Setelah membersihakn dengan air, ternyata perlu dibilas supaya udara pada area kewanitaan tidak lembab. 
  •  Tidak perlu membasuh bagian dalam vagina karena dapat mengganggu keseimbangan kimia pada bagian itu sehingga meningkatkan risiko infeksi. Jadi, tidak perlu sampai dalam bagian vagina ya sobat. 
  • Tidak boleh mencuci vagina dengan cairan pembilas wanita. Mencuci vagina dengan sabun/cairan untuk pembilas wanita ternyata tidak diperbolehkan sobat, karena kurang cocok bagi vagina wanita dan bisa juga menyebabkan kesalahan. 
  • Selama masa menstruasi, pembalut harus diganti berkala paling lama setiap empat jam sekali atau setiap setelah buang air kecil, untuk mempertahankan kebersihan. Karena terutama saat menstruasi bakteri jadi berkembang lebih banyak, jadi kita harus rajin-rajin membersihkan dan mengganti pembalutnya sobat. 
  • Pemakaian panty liner tidak disarankan dalam waktu lama (lebih dari empat jam). Sama juga dengan penggunaan pembalut, ternyata penggunaan panty liner juga disarankan tidak boleh lebih dari 4 jam looh. 
Sedangkan untuk Laki-laki, Cara Membersihkan Alat Reproduksi Lelaki adalah sebagai berikut, 

  • Tidak disunat: tarik kulit luar dari ujung penis dan cuci secara lembut daerah tersebut setiap habis berkemih.
  • Sudah disunat: selalu cuci bersih penis setiap habis berkemih.

Nah itu dia sedikit cara untuk menjaga kebersihan alat kelamin baik wanita maupun pria. 

Sekian informasi dan tips dari kami. Semoga informasi ini dapat berguna bagi sobat Perabangsa semuanyaa. 

Ayo sobat Perabangsa, jaga kebersihan alat reproduksi kita supaya kesehatan reproduksi selalu terjaga. 


Wassalamu'alaikum wr wb 
Salam GenRe! 


Sumber : MODUL "RENCANAKAN MASA DEPANMU" 

Tidak ada komentar: